MISTERI GUNUNG PADANG






(Piramid nya jawabarat)
Tapak Kujang dan Tapak Maung

gunung padang (foto dari atas)


singgasana prabu siliwangi

tapak-tapak maung
tapak maung



tempat sakral 


pandaringan dalam bahasa sunda adalah tempat beras


Mungkin sebagian orang mengetahui cerita apa saja yang ada di gunung padang. Gunung yang berada di kab. Cianjur ds karyamukti kec cempaka ini menyimpan misteri dari zaman nenek moyang orang sunda. Menurut pak nana juru kunci setempat menuturkan “dahulu gunung padang di isi oleh kerajaan pajajaran, namun sebelum pajajaran gunung ini sudah ada, dikabarkan sudah ada sejak zaman nabi Nuh As diperediksi 5200 SM” tutur nana.
Itu bisa terlihat dari berbagai macam petilasan-petilasan yang ada di komplek gunung padang. Seperti batu kujang, tapak maung,  pandaringan (tempat beras) dan banyak yang lainnya. Yang menarik di gunung padang bukan hanya petilasan-petilasan atau ukiran kujang saja. Gunung padang bukan seperti gunung-gunung biasanya, gunung padang sendiri terdapat susunan-susunan batu megalitik yang berbentuk segi panjang menyerupai balok-balok kayu.
pak nana tengah selaku juru kunci
Nana selaku juru kunci banyak menjelaskan kepada para pengunjung yang datang, seperti menjelaskan apa itu kujang apa itu maung,
Kujang terdiri dari dua kata
Ku dan jang
Ku:kukuh
Jang:janji
Jadi bisa dijelaskan kujang kukuh kana janji. Orang sunda harus memegang kuat terhadap janji-janjinya

Maung
Ma:manusia
Ung:unggul
Jadi maung manusia unggul

ukiran kujang prabu siliwangi
Ada larangan-larang yang tak boleh dilakukan, seperti berkata kotor, berbuat mesum, dan makan di komplek gunung padang. Jika ingin makan sudah ada tempat yang disediakan di warung yang tak jauh dari komplek gunung padang. Dan jika ingin masuk ke komplek gunung padang terutama di paling atas harus melepas alas kaki. Karena itu merupakan tempat sacral yang dikeramatkan.
Gunung padang ada 5 tingkatan atau berundak. Misteri siapa yang pertama membuat dan menduduki gunung padang belum bisa saya jelaskan Karen masih belum jelas kebenarannya.
Namun saya menilik bagaimana gunung padang ini begitu mempesona hingga membuat saya jauh-jauh dari Tangerang ingin datang melihat dan tawasul di gunung padang. Karena ketika saya datang dan berbincang dengan kuncen setempat dan di jelaskan ada apa saja di gunung Padang membuat saya semakin kagum.
Digunung padang ada mushola/masjid yang dahulu menjadi tempat ibadah prabu siliwangi dan kerajaan pajajaran kala itu, dan ada tempat menyerupai ruangan yang dahulu diperuntukan untuk berunding. Dan ada batu berbunyi gendang yang setiap saat digunakan untuk alat music.
Gunung padang sudah ada pada zaman megalitik sedangkan kerajaan pajajaran sesuadahnya
Ko bisa…???
tapak maung prabu siliwangi

Menurut pak nana. “Dahulu kemungkinan besar dibuat pada zaman megalitik tapi karena perubahan zaman hingga kerajaan sunda setelah itu diisi oleh kerajaan pajajaran sementara karena zaman kerajaan pajajaran sering terjadi peperangan”
Allahu alam…
Kenapa ada tempat ibadah umat islam di gunung padang??
Karena kerajaan pajajaran menganut agama islam.
Kenapa ada ukiran kujang dan maung??
Karena kerajaan pajajaran sebagian diisi oleh maung-maung prabu siliwangi,
tapak kaki manusia
Tapi saya disiini tak akan menjelaskan karena saya menyakini itu semua setelah napak  tilas keberbagai tempat yang ada sejarah pajajaran.

teman barengan

Bagaimana cara kesana??
 Jika menggunakan kendaraan motor atau mobil ambil arah puncak dan sampai bunderan cianjur kota ambil arah sukabumi dan akan terlihat rambu-rambu megalitik gunung padang ikuti jalurnya dan akan bertemu kebun teh. Jalannya agak lumayan berliku dan jauh. Terus saja hingga bertemu rambu gunung padang.
Dihimbau agar bertanya jika tak tau arah. Dan jangan malam berbahaya  karena kurangnya penerangan. Kecuali ada yang mengantarkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKAM PRABU KIAN SANTANG/SUNAN ROHMAT SUCI

pesona Mt. Guntur 2249 Mdpl

CIHUNJURAN SALAKANAGARA DAN SITUS BATU GOONG BANTEN